Berdasarkan Buku Panduan Sistem Pusat Karir Edisi II yang diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Dirjen Dikti (2012), tugas pokok UPT Pusat Karir adalah:

  1. Informasi Lowongan Kerja/karir (Carrer Vacancy Information)

Pusat karir polinela menyediakan informasi karir, pemagangan, beasiswa dan lowongan kerja di berbagai bidang dan lintas perusahaan/industri, dan instansi.

  1. Prsentasi Peluang Kerja  (Carrer Information Session)

Pusat karir Polinela memfasilitasi kegiatan presentasi dan sesi informasi tentang peluang kesempatan berkarir di berbagai bidang maupun beasiswa pelatihan/studi lanjutan.

  1. Rekrutmen Kampus (Campus Recruitment)

Pusat Karir Polinela memfasilitasi pelaksanaan recruitment berbagai perusahaan di dalam kampus Polinela.

  1. Pelatihan Karir (Carrer Training)

Pusat karir Polinela memberikan pelatihan karir bagi para pencari kerja khususnya bagi para calon alumni baru Polinela antara lain dalam bentuk Surat Lamaran, Curiculum Vitae, Simulasi Interview, dan Latihan soal psikotes.

  1. Bursa Kerja/Job Fair (Integreted Carrer Days)

Pusat karir polinela secara berkala mengadakan kegiatan akbar hari-hari memburu peluang karir dan bursa kerja yang diadakan pada waktu menjelang wisuda setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan integritas dari kegiatan presentasi dan campus recruitment oleh berbagai perusahaan dalam kurun waktu bersamaan.

  1. Kewirausahaan (Enterpreneurship)

Pusat karir memfasilitasi dan menyelenggarakan program kegiatan yang terkait dengan kewirausahaan bagi mahasiswa (PMW) dan alumni Polinela (Inkubator Bisnis).

  1. Pelacakan Alumni (Tracer Study)

Pusat karir polinela mengembangkan database alumni dan melakukan studi pelacakan/penelusuran alumni untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan bermanfaat bagi kepentingan evaluasi relevansi pendidikan Polinela.